Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Paguyuban Mitra Nelayan Juwana Bagikan Ikan 100 ton Lebih Secara Gratis

| 12/18/2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-17T20:29:38Z
Pati | beritakorupsi.com - Paguyuban Nelayan Mitra Sejahtera Juwana guyub rukun mengumpulkan ikan hasil tangkapannya dan dibagikan  kepada masyarakat secara gratis. 100 ton lebih ikan  yang dimuat 10 truk kontainer dibagikan secara cuma-cuma atau  bersama kegiatan hari bebas dari kendaraan (Car Free Day) di sekitar Alun-Alun Pati, Minggu (17/12/2023).



Ketua Paguyuban Mitra Nelayan Sejahtera Juwana Eko Budiyono mengatakan, bagi-bagi ikan gratis tersebut, sebagai bentuk protes nelayan atas kebijakan pemerintah yang mengimpor ikan. Sebab, dampaknya harga ikan hasil tangkapan nelayan anjlok.

Beberapa bulan terakhir hasil tangkapan ikan memang melimpah, hanya saja harga ikan pindangan sangat rendah. Sekitar Rp 5 ribu sampai Rp 6 ribu/ kg. Ini akibat kebijakan pemerintah yang masih mengimpor ikan,” katanya.

Hal senada disampaikan Zaki salah satu anggota paguyuban Mitra Nelayan Sejahtera, “Harga ikan lokal anjlok drastis karena adanya ikan impor, dengan kegiatan ini Para nelayan   Juwana berharap agar pemerintah segera menghentikan impor ikan untuk menstabilkan harga, kegiatan ini juga agar masyarakat lebih gemar makan ikan lokal, sehingga harga ikan lokal bisa naik”.

Aksi bagi-bagi ikan sebanyak 100 ton ikan itu harapannya juga dapat mendongkrak UMKM sektor perikanan. Selain itu para nelayan juga berharap kepada pemerintah pusat agar pajak (PNPB) hasil tangkapan ikan bisa diturunkan.

Kegiatan bagi-bagi ikan ini dimulai pukul 07.00 hingga 10.00 WIB. Dengan kupon yang sudah dibagi di 20 desa se kecamatan Pati. Selepas pukul 10.00 WIB, Selain itu panitia juga menyediakan 2 kontainer untuk umum atau bagi masyarakat yang hadir tanpa kupon.

Aksi nelayan yang dilakukan tersebut ditanggapi masyarakat dengan penuh gembira ria, Wati salah satu penerima ikan gratis yang rela datang sejak jam 06.00  WIB mengatakan , “wah kalau dilakukan sebulan sekali ya mantab ini,” gumamnya. “Kamu yang seneng mereka ya seneb nanti,” tukas Fartimah temannya sambil berkelakar.

 

(PAIS)
×
Berita Terbaru Update